Thursday, June 3, 2010

STRESS DAPAT MENIMBULKAN PENYAKIT BENARKAH?

Frustasi adalah kelanjutan dari stress yang berkepanjangan. Perasaan tertekan yang berkepanjangan akhirnya akan mendorong tubuh kita untuk memproduksi racun. Racun yang dihasilkan oleh tubuh kita kemudian terakumulasi dan menjadi penyakit. Kita tentu tidak asing lagi dengan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh perasaan tertekan yang berkepanjangan, mulai dari maag, sakit punggung, darah tinggi, asma, reaksi elergi, dan sulit tidur. Stress yang berkepanjangan ini juga menyebabkan tubuh kita kekurangan vitamin C. Tubuh yang kekurangan vitamin C akan mudah sekali terserang berbagai penyakit, seperti flu misalnya. Oleh karena itulah, jangan pernah memaksa diri kita melakukan pekerjaan yang bukan kita senangi secara berkepanjangan agar tidak menyebabkan timbulnya stress.

Timbulnya stress bukan hanya akibat dari pekerjaan kantor yang tidak kita senangi, namun stress juga bisa diakibatkan oleh hubungan sesama manusia yang tidak harmonis. Seorang istri akan di hinggapi berbagai macam penyakit dalam waktu yang bersamaan oleh karena memendam perasaan stress karena hubungan dengan pasangan sedang tidak harmonis. Jika kita amati setiap pasien di rumah sakit akan menerima pesan singkat ini dari Dokter. Apakah pesan ini berupa obat? Bukan!! obat ini hanya bagian dari penyembuhan penyakit itu sendiri. Pesan singkat itu adalah istirah ya dan jangan banyak pikiran. Tetapi jika pasien tidak menghilangkan perasaan tegang atau stress ini maka penyakit tidak akan pergi dari tubuhnya. Akibatnya si pasien harus mengkonsumsi obat seumur hidup.

Pengalaman yang pernah saya alami pada saat saya dalam situasi atau melalui suatu masalah maka penyakit sariawan akan muncul dalam waktu seketika, jika kita beri obat abotil atau bubuk ramuan china maka sariawan tersebut tidak akan sembuh sebelum kita melewati masalah tersebut hingga kita merasa tenang dan selesai dari masalahnya.

Buah jambu, jeruk dan pepaya yang kita konsumsi secara berlebihan pun tidak akan bisa membantunya oleh karena vitamin C yang diperoleh dari buah-buahan tersebut secara otomatis diserap tubuh yang sedang mengalami dipresi yang berkepanjangan. Sekilas penyakit sariawan ini riangan namun jika sariawan ini tumbuh di ujung lidah dekat tenggorokan, maka kita tidak hanya sulit makan bahkan tidak bisa berbicara dan tidak mampu membuka mulut secara normal akibat sakit yang luar biasa.

Karena sulit makan maka terjadi mual didalam perut sehingga terasa ingin muntah, mulut terasa asam dan pusing kepala, karena lambung kosong dan terjadi gesekan secara terus menerus maka lambung menjadi luka dan terasa sakit hingga ulu hati yaitu dada bagian tengah pun terasa sangat sakit, akibatnya kita menderita penyakit maag. Dari sakit maag ini jika kita tidak sembuhkan maka akan terjadi timbulnya penyakit-penyakit yang lain berentetan secera perlahan.

Jika sudah demikian apa yang seharusnya kita lakuan agar terhindar dari semua penyakit itu? Temukan kebahagian dalam dirimu…….

1 comment: